• SMP NEGERI 1 JUWANGI
  • Berprestasi, Terampil, dan Berbudaya

Vaksin Beres, SMP Negeri 1 Juwangi Siap Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka

Juwangi-Boyolali. Pada hari Kamis, 21 Oktober 2021, SMP Negeri 1 Juwangi melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 Tahap kedua untuk para siswa. Vaksinasi pertama telah dilaksanakan pada tanggal 22 September 2021. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Puskesmas Juwangi dan SMPN 1 Juwangi. Dalam pelaksanaan vaksinasi yang kedua ini semua berjalan lancar dan tertib. Semua guru ikut terlibat dan ambil bagian dalam kegiatan vaksinasi ini. Pada bagian pendaftaran dikoordinatori oleh Bapak Aditya Candra, S.Pd dibantu juga oleh beberapa guru dan TNI. Maksud kedatangan TNI tersebut untuk membantu menginput data siswa dan mengatasi kendala apabila ada data yang tidak terdaftar di sistem.

Bagian screening dilakukan oleh Ibu Tri Murwati, S.Pd dan rekan-rekan guru untuk mengecek suhu dan tekanan darah siswa. Setelah melewati cek kesehatan, siswa di wawancara tentang kondisi kesehatan oleh Bapak Djoko Margono, S.Pd dan rekan guru. Setelah lolos screening, siswa masuk ke ruang suntik vaksin. Suntik vaksin dilakukan oleh Dokter dari Puskemas Juwangi. Kertas screening ditandatangi oleh Ibu Nining Susetyanigsih, S.P. Pada tahap akhir, siswa diharap menunggu selama 15 menit untuk mengetahui apakah ada reaksi setelah di vaksin yang di awasi oleh Ibu Sri Daruki, S.Pd. Siswa terlihat baik-baik saja sehingga bisa disuruh pulang. Beberapa siswa yang belum bisa ikut vaksin ke-2 di sekolah dapat mengikuti vaksin di Puskesmas Juwangi yang dijadwalkan pada tanggal 12 November 2021.

Sebelum diadakan vaksin ke-2 tentunya sudah ada kegiatan vaksinasi pertama. Vaksin pertama terlaksana dengan lancar meski ada beberapa siswa yang tidak bisa mengikuti vaksin. Jumlah siswa SMPN 1 Juwangi sebanyak 5.. yang telah divaksin sebanyak … dan yang belum bisa di vaksin sejumlah 14 siswa. Kendala siswa yang tidak bisa di vaksin dikarenakan beberapa hal seperti umur belum genap 12 tahun, sudah terdaftar vaksin di klinik tertentu, sakit, dan tidak diijinkan orang tua. Oleh sebab itu, ada jadwal ulang untuk vaksin pertama bagi yang belum yakni pada tanggal 14 Oktober 2021. Pada jadwal ulang vaksin tersebut, semua siswa hadir dan di vaksin, ada satu yang belum di vaksin di karenakan belum genap 12 tahun.

Pelaksanaan vaksinasi ini meliputi beberapa tahapan yakni pendaftaran, screening, dan penyuntikan vaksin. Untuk pendaftaran, siswa diminta membawa fotokopi KK dan BPJS (apabila ada). Adapun tujuan program vaksinasi ini adalah untuk memenuhi, mendukung program vaksinasi dari pemerintah, selain itu untuk membentuk herd immunity bagi tubuh dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Kegiatan vaksinasi ini telah diikuti oleh guru dan siswa. Dengan selesainya kegiatan vaksin di sekolah maka SMPN 1 Juwangi telah memenuhi syarat untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Tentunya SMPN 1 Juwangi juga menaati protokol kesehatan sesuai SOP. Sarana dan prasarananyapun disesuaikan dengan kondisi pandemi dengan terdapat tempat cuci tangan di setiap ruang kelas, cek suhu dan cuci tangan sebelum masuk sekolah, serta menjaga jarak. Dengan begitu, SMP Negeri 1 Juwangi “SIAP MELAKSANAKAN PTM”. Semangat belajar di kala pandemi.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Lepas Sambut Kepala SMP Negeri 1 Juwangi

Sabtu, 2 Oktober 2021 telah dilaksanakan acara lepas sambut kepala SMP Negeri 1 Juwangi. Bapak Junedi, S.Pd. disambut menjadi kepala sekolah baru SMP Negeri 1 Juwangi. Sebelumnya, Bapak

05/10/2021 03:56 - Oleh Adhitya Chandra Permana - Dilihat 44 kali